WorkFORCE

WorkFORCE

Merekrut karyawan yang terlihat sempurna dalam CV atau resume namun ternyata tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dapat menyebabkan kerugian dalam segi waktu dan biaya. Untuk dapat sukses dalam pekerjaan tidak hanya membutuhkan ketrampilan teknis dan pengetahuan, tetapi dibutuhkan karyawan dengan perilaku, sikap dan motivasi yang tepat. Sedangkan tes IQ dan tes ketrampilan teknis tidak dapat memberikan informasi tersebut dengan lengkap.

Kini, telah tersedia solusi baru yang efisien untuk mengukur kunci utama kesuksesan seseorang di dunia kerja yaitu WorkFORCE™ Assessment. Dengan durasi 20-25 menit dan berbasis website akan mengukur 6 kompetensi perilaku. Faktor yang melandasi 6 kompetensi tersebut telah terbukti sebagai indikator kesuksesan seseorang dalam dunia kerja.

Pengembangan kompetensi karyawan yang efektif, membutuhkan asesmen awal untuk menentukan apa saja yang menjadi kebutuhan karyawan seperti: asesmen, pelatihan dan lainnya. Program ETS WorkFORCE® untuk Pengembangan Karir merupakan program penilaian dan pelatihan yang dirancang khusus untuk membantu peningkatan behavioral competencies (kompetensi berbasis perilaku) karyawan, dengan mengidentifikasi perilaku yang paling membutuhkan pengembangan secara efisien dan akurat, untuk menunjang peran mereka.

Mengidentifikasi keterampilan utama yang dibutuhkan karyawan untuk berhasil dalam pekerjaan
Asesmen berbasis online dengan durasi sekitar 20-25 menit yang dapat mengukur enam kompetensi berbasis perilaku dan 13 sifat dasar karyawan yang perlu diketahui sebagai landasan dalam memprediksi kinerja seseorang dalam organisasi.

Kelebihan Asesmen

Asesmen dapat mengukur dan melihat lebih detil sejauh mana individu:

  • Mampu berdedikasi dan mau bekerja keras
  • Melakukan pekerjaan dengan serius
  • Memiliki sikap kerja yang positif dan antusias
  • Dapat memecahkan masalah
  • Menghargai klien dan rekan kerja 
  • Dapat berkolaborasi baik dengan orang lain

Keuntungan

Program WorkFORCE® untuk Pengembangan Karir meliputi asesmen yang didasari penelitian yang menunjukkan keunggulan signifikan dibandingkan asesmen di tempat kerja lainnya. Didukung oleh teknologi FACETS ™ – sistem penilaian yang adaptif, terdepan dalam teknik pengukuran yang teruji dan canggih – asesmen dan pendukung kurikulum yang inovatif ini menyediakan kombinasi fitur yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

  • Cepat dan Akurat
    Teknologi FACETS menyeleksi secara adaptif kumpulan pernyataan kepribadian dan menggunakan respon terhadap satu pertanyaan untuk merancang pertanyaan berikutnya. Ini menunjukkan bahwa lebih sedikit pertanyaan yang dibutuhkan untuk mendapatkan tingkat akurasi yang tinggi untuk pengujian yang lebih efisien dan mengurangi waktu pengujian.
  • Hasil yang mudah dipahami
    Pengguna dapat dengan cepat menerima laporan yang memberikan wawasan yang jelas mengenai enam kompetensi berbasis perilaku utama dan 13 sifat dasar yang mendasari perilaku yang berkaitan dengan kesuksesan di tempat kerja.
  • Tahap-tahapan lanjutan
    Program ini membuat kurikulum yang dibuat sesuai kebutuhan, rencana kerja yang praktis  dan modul pelatihan yang memberikan sarana untuk membantu karyawan dan pencari kerja dalam mengembangkan keterampilan utama mereka.
  • Mudah dikelola
    Disajikan 100% online, asesmen dan kurikulumnya dapat dikerjakan dengan hampir semua jenis perangkat.
  • Tidak dapat dipalsukan
    Asesmen dengan format pertanyaan yang mengharuskan kandidat untuk memilih – pernyataan-pernyataan yang serupa dalam menunjukkan keinginan seseorang, tetapi merepresentasikan dimensi kepribadian yang berbeda – lebih sulit untuk dipalsukan daripada format dengan satu pernyataan di mana jawaban yang “benar” lebih mudah untuk dibedakan. Dan karena pernyataan-pernyataan yang digunakan dipilih secara adaptif tanpa jawaban “benar”, format ini mengurangi kebutuhan akan tempat pengujian yang aman.

Penilaian WorkFORCE® berbasis penelitian untuk Job Fit, alat rekrutmen berbasis web selama 20-25 menit, mengukur enam kompetensi perilaku yang terkait dengan faktor-faktor penting dari kesuksesan di tempat kerja. Anda diberikan Indikator Pencapaian Pekerjaan yang Diharapkan yang menunjukkan kemungkinan keberhasilan kandidat di posisi tersebut. Skor ini disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang Anda isi dan calon keterampilan perilaku yang perlu dilakukan dengan sukses dalam pekerjaan itu.

Digunakan bersama dengan wawancara dan pengujian berbasis pengetahuan, Penilaian Workforce untuk Job Fit memberi Anda pemahaman yang lebih lengkap tentang kandidat, yang dapat membantu Anda membuat keputusan perekrutan yang terbaik.

6 Kompetensi Perilaku

Penilaian WorkFORCE® untuk Job Fit mengukur enam kompetensi perilaku yang paling berkaitan dengan kesuksesan karyawan, sebagaimana hasil yang didapatkan oleh penelitian ETS.

Kompetensi Perilaku Deskripsi
Initiative & Perseverance Individu yang nilainya lebih tinggi pada dimensi ini cenderung menetapkan standar yang tinggi untuk diri mereka sendiri dan bekerja keras untuk menyelesaikan tugas tepat waktu dan baik. Mereka pandai dan senang memimpin dan mempengaruhi orang lain. Mereka cenderung terorganisir dengan apa yang mereka miliki dan tugas-tugas mereka.
Responsibility Individu yang nilainya lebih tinggi pada dimensi ini biasanya memenuhi janji dan kewajiban mereka, dan bertanggung jawab atas kesalahan yang mereka lakukan. Mereka tidak mudah kehilangan fokus dan memikirkan segala hal sebelum bertindak. Mereka cenderung efektif dalam tugas-tugas yang membutuhkan perhatian dan akurasi.
Teamwork & Citizenship Individu yang nilainya lebih tinggi pada dimensi ini cenderung percaya terhadap orang lain dan mudah bergaul. Mereka berusaha bersikap sopan, kooperatif dan mempertimbangkan pendapat orang lain ketika akan mengambil keputusan. Mereka cenderung meluangkan banyak waktu untuk uang dan apa yang mereka miliki. Mereka cenderung bersimpati terhadap masalah orang lain dan ingin membantu. Kualitas seperti ini dapat membantu individu-individu ini berkolaborasi secara efektif dengan rekan kerjanya.
Customer Service Orientation Individu yang nilainya lebih tinggi pada dimensi ini cenderung percaya terhadap orang lain dan mudah bergaul. Mereka cenderung bersimpati terhadap masalah orang lain dan ingin membantu. Mereka senang berkomunikasi dengan orang lain, merasa nyaman bertemu dengan orang baru dan menganggap diri mereka memiliki keterampilan sosial yang lebih baik daripada orang lain. Kualitas tersebut membuat orang-orang ini dapat berinteraksi secara efektif dengan pelanggan dan memprioritaskan kebutuhan pelanggan.
Problem Solving & Ingenuity Individu yang nilainya lebih tinggi pada dimensi ini cenderung cepat membaca dan memproses informasi yang mereka dapatkan. Mereka mencari dan menikmati kesempatan untuk mencoba atau mempelajari hal-hal baru, membuat ide-ide kreatif dan memecahkan masalah yang menantang secara mental. Mereka kemungkinan cepat bosan dengan tugas pekerjaan yang mudah dan tidak menantang.
Flexibility & Resilience Individu yang nilainya lebih tinggi pada dimensi ini cenderung lebih optimis, memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dan bereaksi terhadap kritik secara lebih positif. Mereka mampu bekerja dengan baik di bawah tekanan dan mampu terus bekerja tanpa memikirkan atau kurang tidur karena memikirkan kesalahan yang telah dilakukan. Karena kualitas ini, individu-individu ini dapat menyesuaikan diri dengan baik terhadap perubahan yang terjadi dalam lingkungan kerja.

Keuntungan

  • WorkFORCE Assessment for Job Fit memberikan kombinasi fitur yang tidak akan ditemukan dimanapun, sehingga recruiter yakin bahwa hasil yang diterima merupakan data yang akurat, terprediksi dan dapat ditindaklanjuti.
  • Cepat & Akurat
    Teknologi FACET mampu beradaptasi menyeleksi kumpulan pernyataan kepribadian dan menggunakan respon dari satu pertanyaan untuk pemilihan pertanyaan selanjutnya yang sesuai, jadi hanya membutuhkan sedikit pertanyaan untuk mendapatkan hasil dengan ketelitian tingkat tinggi.
  • Dapat disesuaikan dengan karakter pekerjaan dan negara tempat rekruitmen dilaksanakan.
    WorkFORCE Assessment for Job Fit dapat disesuaikan berdasarkan tipe pekerjaan dan negara, membantu recruiter untuk lebih efektif lagi dalam seleksi kandidat untuk posisi khusus.
  • Menyediakan laporan perbandingan antar kandidat.
    Sistem skoring menyediakan fasilitas untuk dapat membandingkan skor semua kandidat untuk pekerjaan tertentu dimana hal ini akan sangat membantu dalam menginterpretasikan hasil akhir yang akan menentukan hasil seleksi.
  • Tidak dapat dipalsukan
    Asesmen dengan format pilihan berganda – kemiripan pernyataan mengenai hal yang disukai namun merepresentasikan perbedaan dimensi kepribadian – lebih mudah dipalsukan dibandingkan dengan format penyataan tunggal dimana dimana jawaban “benar” sangat mudah untuk dinilai. Dan karena tidak ada jawaban benar untuk metode tes dengan memberikan pernyataan ini, format ini mengurangi kebutuhan pengamanan saat pelaksanaan tes.
  • Keputusan dibuat berdasarkan data yang akurat.
    Dengan WorkFORCE Assessment for Job Fit, informasi yang diberikan akurat, terprediksi dengan benar dan mudah ditindaklanjuti. Sehingga recruiter akan lebih percaya diri dan dapat memilih kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan institusinya secara efektif dan efisien.